Tuesday, February 26, 2019

Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Indah Namun Jarang Di Explore Wajib Untuk Dikunjungi

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki banyak tempat wisata. Banyak diantara tempat wisata di Jawa Tengah masih tersembunyi dan tidak banyak dikenal. Tempat – tempat ini padahal memiliki daya tarik tersendiri.

Banyak diantara tempat wisata tersebut masih belum terkenal karena masih baru, terletak di daerah yang masih terpencil atau tidak memiliki kekuatan pemasaran yang kuat. Walaupun begitu, tempat yang tidak terkenal ini memiliki keuntungan tersendiri, misalnya tidak akan terlalu ramai saat musim liburan dan masih asri karena belum banyak terjamah wisatawan.

1.Goa Rong


Tempat wisata yang kedua adalah Gua Rong yang terletak di daerah Tuntang, Semarang. Objek wisata alam ini menawarkan pemandangan hamparan area perbukitan yang hijau dilihat dari tempat yang tinggi. Banyak juga orang yang menamai objek wisata ini Bukit Rong.

Tempat wisata di Jawa Tengah memiliki ketinggian 690 meter di atas permukaan laut. Area perbukitan ini memberikan hamparan pemandangan yang indah dan juga hijau menyejukan. Selain itu dari spot pemantau yang disediakan Anda juga dapat melihat perkebunan karet yang menutupi beberapa bukit disekitar Goa Rong.

2.Curug Sipendok


Curuk Cipendok adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang berupa air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian 92 meter dan terletak di lereng Gunung Slamet. Objek wisata ini benar – benar dijaga keasriannya oleh pemerintah. Pengunjung yang membawa kendaraan wajib parkir jauh dari lokasi air terjun dan hanya dapat menikmati pemandangannya setelah berjalan kaki.

Lokasi wisata air terjun ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Posisi air terjun ini juga terletak di bumi perkemahan, jadi jika Anda ingin kemah sebelum mengunjungi Air terjun, hal ini bisa dilakukan.Banyak fasilitas sudah dibangun di area wisata ini namun pembangunan masih di luar kawasan hutan di mana air terjun ini berada. Fasilitas ini disediakan oleh pemerintah contohnya, taman anak – anak, panggung pentas dan masih banyak lagi. Fasilitas – fasilitas ini ditujukan untuk menambah hiburan di kawasan wisata ini.


3.Air Panas Guci


Taman Air Panas Guci terletak di Desa Guci Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Lokasi objek wisata ini berada di bawah kaki Gunung Slamet area bagian utara. Tempat wisata di Jawa Tengah ini terletak di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut dan mencakup area seluas 210 Hektar.

Tempat ini memiliki wisata air yang cukup lengkap, tidak hanya itu, air di sini berasal dari mata air panas. Fasilitas wisata air panas di sini meliputi kolam renang panas dan biasa, kolam berendam serta arus jeram. Selain wisata air, banyak fasilitas lain yang Anda nikmati sekaligus berendam, mulai dari tempat makan yang dilengkapi fasilitas rendam kaki dan juga pasar oleh – oleh disekitar kolam tempat bermain.

4.Air Terjun Kali Pancur


Wisata alam air terjun ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Jika Anda datang dari arah kota Salatiga, Anda cukup menempuh perjalanan sekitar 14 kilometer ke arah barat.

Kondisi objek wisata yang masih asri membuat Anda diharuskan memarkirkan kendaraan 3 kilometer dari lokasi air terjun. Walaupun begitu Anda dapat menikmati pemandangan di jalan setapak menuju air terjunnya. Selain menikmati pemandangan hijau yang indah di sekitar Anda, pemandangan sungai dengan batu – batu alam juga dapat dinikmati di sini.

Baca juga Tempat wisata Small World Purwokerto yang lagi hits

5.Mata Air Cokro


Objek wisata ini terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kota Klaten. Objek wisata mata air ini terkenal karena kebersihan air dan juga kejernihannya. Jika diperhatikan Anda bahkan mampu melihat dasar dari kolam mata air.

Selain pemandangan area mata air, Anda juga dapat menikmati fasilitas waterboom di objek wisata ini. Air yang bening menyebabkan waterboom di sini menggunakan sumber Mata Air Cokro secara langsung tanpa campuran air PAM.

6.Pantai Menganti


Objek wisata pantai yang satu ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jika dilihat dari posisinya, pantai ini masih berdekatan dengan Pantai Pecaron. Sama seperti pantai lain di area Kecamatan Ayah ini, Pantai Menganti cukup sulit untuk diakses. Area berliuk – liuk dan sempit menyebabkan para wisatawan harus memarkir kendaraan jauh – jauh dan berjalan kaki ke area pantai.

Keunikan pantai ini adalah posisinya yang terjepit bukit tinggi dan membentuk pantai laguna. Di pantai selatan ini ombak yang tinggi ditahan oleh bukit yang menjorok ke laut sehingga ombak yang sampai ke pantai tidak setinggi di pantai selatan yang lain. Pemandangan yang unik dan asri inilah yang meyebabkan pantai ini sangat bagus untuk dikunjungi.

Baca Selengkapnya :