Monday, July 15, 2019

Keindahan Pantai Ngurtafur Yang Tidak Ada Di Pantai Yang Lainya I Explore Maluku


Membicarakan keindahan alam di Indonesia bagian timur memang tak akan pernah ada habisnya. Maluku merupakan Provinsi yang menawarkan banyak sekali keindahan alam. Salah satunya adalah Pantai Ngurtafur yang terletak di di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara.

Pantai ini memiliki keindahan alam yang cukup eksotis. Selain itu, pantai yang satu ini juga mempunyai keistimewaan yang tidak terdapat di pantai yang lainnya yaitu hamparan pasirnya yang berwarna putih dan memanjang sepanjang 2 kilometer dari tepian pantai Pulau Warbal ke arah laut dengan lebar kurang lebih sekitar 7 meter. 


Dan ketika para wisatawan berada di pantai Ngurtafur ini, maka wisatawan seolah–olah merasa sedang berjalan ditengah lautan luas. Walaupun sesungguhnya hanya berjalan diatas hamparan pasir putih yang membelah pantai menjadi dua sisi yaitu kanan dan kiri. Tidak hanya itu, air laut di Pantai Ngurtafur ini juga sangat bersih dan berwarna biru.

Di pantai Ngurtafur, para penelusur dapat melihat penyu belimbing atau yang yang lebih dikenal dengan nama “Tabob” oleh masyarakat lokal. Penyu-penyu yang ada disana tergolong langka dan bahkan dilindungi oleh organisasi WWF (World Wide Fund for Nature). 


Dan jika beruntung, para penelusur juga bisa melihat kawanan burung Pelikan yang sedang bermigrasi dari Australia ke Maluku.Jika, Wisatawan domestik maupun non domestik ingin ke pantar Ngurtafur ini, maka yang pertama kali yang harus dituju adalah Kabupaten Maluku Tenggara (Kepulauan Kei). Dan jika Wisatawan menggunakan transportasi udara maka wisatawan dapat langsung mendarat di bandara Karel Sadsuitubun Langgur Maluku Tenggara. 

Baca juga Tempat wista dikota hujan yang wajib dikunjungi I Bogor



Kemudian dari bandara Karel Sadsuitubun wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan Debut. Dan selanjutnya dari Pelabuhan Debut, wisatawan dapat langsung menuju ke pantai Ngurtafur dengan menyewa kapal motor (Spedboat).

Biaya sewa sendiri tergantung negoisasi antara wisatawan dengan pemiliknya. Namun biasanya sih harga sewanya sekitar Rp 750.000 hingga Rp 1.000.000 untuk pulang-pergi (PP) dengan kapasitas kapal dapat mengangkut sebanyak 15 orang dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Akses lain yang wisatawan bisa pilih yaitu dengan menggunakan kapal laut langsung dari pelabuhan Yos Sudarso, Ambon. 


Lama perjalanannya dari pelabuhan Yos Sudarso menuju pelabuhan Tual sendiri kurang lebih sekitar 19 jam lamanya. Sebelum menuju Tual, kapal ini akan singgah terlebih dahulu di pelabuhan Banda Naira. Kemudian setelah tiba di Tual, wisatawan dapat melajutkan perjalanan ke pantai Ngurtafur menggunakan speed boat selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Baca Info Tempat wisata yang mempesona di kabupaten Aceh I Explore Aceh



Di pantai Ngurtafur yang airnya jernih ini juga dihiasi oleh rimbun dan hijaunya pepohonan. Di pantai ini wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan wisata diantaranya seperti bersantai di pinggir pantai, berenang, menikmati pemandangan sekitar, berjemur, dan juga snorkeling tentunya. Pemandangan bawah laut yang ditawarkan oleh Pantai Ngurtafur sendiri sangatlah indah dan bahkan terumbu karang di pantai ini dapat dilihat langsung dari atas kapal

.
Pantai Ngurtafur ini memang belum banyak dikenal oleh wisatawan. Dan jika wisatawan ingin berkunjung, maka waktu yang terbaik untuk berkunjung yaitu di bulan April hingga Mei dan juga bulan Oktober hingga Desember. Hal ini disebabkan antara bulan tersebut cuaca tergolong cerah dan ombak yang ada di pantai juga cenderung lebih tenang.


Jika wisatawan ingin berkunjung ke pantai Ngurtafur, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Hal ini dikarenakan di pantai Ngurtafur tidak terdapat warung. Selain itu, wisatawan juga jangan lupa untuk membawa berbagai kebutuhan wisata lainnya seperti baju ganti, obat-obatan pribadi, kacamata hitam, topi, sunblock, kamera, alat snorkeling, dan juga kantong untuk tempat sampah.


Info Wisata Tempat wisata di kalimantan timur yang indah

Dan apabila wisatawan ingin menginap, maka tidak perlu khawatir, karena telah tersedia penginapan di sekitar pantai Ngurtafur yaitu Homestay Evalin di pantai Ngurbloat, Ngilngof. Philips homestay di Pantai Ngursamadan, Ohoililir, dan Coaster Cottage di Pantai Ngursamadan, Ohoililir. Jika wisatawan memproritaskan kenyamanan maka Coaster Cottage merupakan pilihan yang paling tepat, karena memiliki bangunan baru dengan pemandangan langsung menghadap ke pantai. 


Untuk biaya menginap di Coaster Cottage Rp150.000 s.d Rp200.000/malam (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Ayooo, tunggu apa lagi, segera ajak pacar, keluarga anda untuk berkunjung ke pantai wisata Ngurtafur Kabupaten Maluku Tenggara