Thursday, June 27, 2019

Tempat Wisata Di Kalimantan Timur Yang Paling Ngehits Wajib Dikunjungi

Salah besar kalau masih ada yang beranggapan bahwa wisata Kalimantan Timur hanya tentang Pulau Derawan dan Kakaban. Pulau yang pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan-kerjaan besar Indonesia seperti Kerajaan Kutai (beragama Hindu), Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, dan Kesultanan Pasir ini dulu, mayoritas wilayahnya dikelilingi hutan hujan tropis yang lebat. 


1.Batu Bernada Di Gua Losan

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Gua Losan berarti gua yang bisa tembus dari satu tempat ke tempat lainnya. Gua Losan ini berada di perbatasan antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Muara Komam, Kab. Paser. Saat mulai menginjakkan kaki di mulut gua, pemandangan staklaktit dan staklakmit yang mencuat dari atap dan dinding gua akan menyambut kedatangan para pengunjung. 

Tidak hanya pemandangan staklatit dan staklamit saja, Gua Losan menyimpan keunikan lain yaitu Batu Bernada. Saat memukul-mukul batu ini, akan terdengar bunyi-bunyi berirama seperti instrumen musik.Memasuki Gua Losan tak bisa dilakukan sendiri, harus ditemani oleh juru kunci atau guide yang bisa mengantarkan masuk ke dalam menyusuri keindahan gua. Setiap pengunjung diharuskan untuk membawa penerangan. 

Baca juga Ikon wisata religi baru di pulau natuna

2.Tembok Besar Kaltim
Batu Dinding namanya. Wisata alam Kalimantan Timur ini belakangan memang ramai jadi bahan diskusi di sosial media. Khususnya mereka yang berdomisili di Kalimantan Timur dan sekitarnya. 
Wisata alam Batu Dinding ini perlahan menyeruak dan menarik perhatian karena pesona keindahannya yang mirip Tembok Besar China. Wisata alam Batu Dinding ini berupa tebing bebatuan yang sempit dengan lebar kurang dari 1 meter. Puncak bukit Batu Dinding nya pun sempit, hanya sekitar 5 meter. 
Jika dilihat dari kejauhan, bukit Batu Dinding ini berbentuk seperti punggungan dengan panjang sekitar 500 meter. Di sekeliling bukit terdapat hutan rimbun yang lebat. Pada bagian kiri kanan bukit berupa jurang dalam. Salah langkah sedikit saja, nyawa jadi taruhannya. 
Tak perlu khawatir, karena di sana terdapat kurang lebih 30-50 guide lokal yang bertugas mengatur dan mengawasi pengunjung agar tidak berdesak-desakan memasuki area puncak yang sempit. Saran kami, datanglah berwisata saat musim kemarau. 
Waktu matahari terbit dan terbenam menjadi waktu terbaik menikmati keindahan alam hutan borneo dari ketinggian Batu Dinding.Batu Dinding berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jika keberangkatan dimulai dari Balikpapan, ambil lah jalan Soekarno Hatta menuju kilometer 45. Di sana, akan dijumpai papan petunjuk mengarah ke wisata alam Kalimantan Timur Batu Dinding. 
3.Canopy Bridge
Taman wisata alam seluas 1500 hektar ini menyajikan pemandangan alam yang mungkin belum pernah ditemui di Pulau Jawa sebelumnya. Di Bukit Bangkirai, pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang dengan ketinggian 40 hingga 50 meter jadi panorama yang tak biasa. 
Tidak hanya tinggi, pepohonan tersebut punya diameter yang besar, sekitar 2,3 meter. Uniknya lagi, pepohonan di hutan Bangkirai telah berusia 150 tahunan. Tidak hanya berwisata edukasi di tengah hutan hujan tropis, Bukit Bangkirai menawarkan wisata pemacu adrenalin dengan menyeberangi Canopy Bridge atau jembatan gantung. 
Jembatan pertama di Indonesia ini digantungkan pada pohon Bangkirai setinggi 30-40 meter dan menghubungkan ke lima pohon. Tantangan melewati jembatan sepanjang 64 meter ini makin terasa saat angin kencang menyerang. Jembatan yang berayun-ayun mengikuti arah angin akan membuat jantung berdegup kencang. 
Bukit Bangkirai berada di Semboja, Kutai Kertanegara, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta km 38. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 perjalanan dari Balikpapan. Wisata alam Kalimantan Timur ini buka dari pukul 7 pagi hingga jam 5 petang. 
4.Danau Telaga Biru Tulung Ni'lenggo
Tulung Ni’ Lenggo merupakan telaga berwarna biru jernih yang berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau. Sudah setahun ini, wisata Ni’ Lenggo ramai dikunjungi warga sekitar. 
Jernihnya air telaga menjadi spot yang pas untuk merileksasikan diri. Di Tulung Ni’ Lenggo, wisatawan bisa mengelilingi telaga menggunakan perahu yang disediakan atau berenang-renang menikmati kesegaran air danau. 
Suasana keasrian alam dan ketenangan suasana perkampungan menjadikan wisata alam Kalimantan Timur ini ramai dikunjungi saat liburan. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp5000, rasanya keindahan alam Kalimantan Timur ini sangat sayang kalau dilewatkan.