Saturday, August 5, 2017

Visit Indonesia Di Sumatra Barat Yaitu Danau Singkarak

Tags


Danau singkarak adalah danau yang terbentang di dua kabupaten di provinsi sumatera barat di indonesia yaitu dikabupaten solok dan kabupaten tanah datar.Danau yang sangat indah dan air yang jernih membuat danau singkarak menjadi favorit tujuan wisatawan.

Danau ini memiliki luas 107,8 km2 dan merupakan danau terluas ke dua di pulau sumatera.Danau ini merupakan hulu batang ombilin.namun sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus bukit barisan ke batang anai untuk mengerakan genertaor PLTA singkarak di dekat lubuk alung kabupaten padang pariaman.

Berada pada letak greografis koordinat 0,36 derajat lintang selatan(LS) dan 100,3 bujur timur(BT) dengan ketinggian 363,5 meter di atas permukaan air laut(mdpl)Luas permukaan air danau singkarak mencapai 11.200 hektare dengan panjang maksimum 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dengan kedalaman 268 meter.Danau ini memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 kilometer dengan curah hujan 82 hingga 252 milimeter per bulan.

Dengan air dari curah hujan membuat air danau ini menjadi salah satu daya untuk menggerakkan generator pembangkit listrik.Sangat terjada aliran danau ini karena digunakan untuk berbagai manfaat selain sebagai pembangkit listrik juga sebagai pengairan ke sawah dekat dengan danau.

Selain itu sebagai tempat wisata menjadikan danau ini sangat nyaman untuk dikunjungi juga bisa dijadikan untuk sekedar melepas penat karena kesibukan bekerja.Datang dan kunjungi danau singkarak yang indah di sumatera barat.