Saturday, July 29, 2017

PESONA INDONESIA - KEPULAUAN DERAWAN DI KALIMANTAN TIMUR

Tags


KEPULAUAN DERAWAN - Merupakan sebuah pualau yang berada di kabupaten berau kalimantan timur.Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di kalimantan timur.

Antara lain obyeak wisata bahari menawan yaitu salah satunya  taman bawah laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia yang datang ketempat ini.

Kepulauan derawan terdapat tiga kecamatan yaitu pulau derawan sendiri,maratua, dan bidu-biduk berau.Setidaknya ada empat pulauyang terkenal di tempat ini yaitu pulau maratua,pulau derawan,sangalaki dan kakaban yang banyak ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Secara geograsfis pulau ini terletak di semenanjung utara perairan laut kabupaten berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu pulau panjang,pulau raburabu.pulau samama,pulau sangalaki,pulau kakaban,pulau nabuko,pulau maratua dan pulau derawan.Dan juga ada beberaa gosong karang yaitu gosong muaras,gosong pinaka,gosong buliulin,gosongmasimbung dan gosong tababinga.

Kepulauan derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang,padang lamun dan hutan bakau.Hutan bakau atau juga disebut dengan nama hutang mangrove sangat indah dan lebat pepohonananya.

Selain itu banyak species yang dilindungi pemerintah berada di kepulauan derawan seperti penyu hijau,penyu sisik,paus,lumba-lumba,kima,ketam kelapa,duyung,ikan barakuda dan beberapa species ikan lainnya yang jarang di temui di tempat perairan lain.

Ditempat ini juga disediakan penginapan,jika anda berkunjung ke lokasi ini bawa pakaian untuk berenang melihat keindahan terumbu karang.Ajak teman dan keluarga melihat keindahan pemandangan laut yang masih alami dan terjaga.