Thursday, January 24, 2019

Pasar Mbrumbung Tempat Wisata Makanan Jajanan Tempo Doeloe Di Kota Rembang Jawa Tengah




Pasar Mbrumbung di kawasan randugosong desa banggi, kecamatan kaliori kota rembang jawa tengah merupakan pasar traditional pertama yang mengkonsep tentang makanan zaman dahulu yang sekarang sudah tidak ditemukan lagi di pasar modern.

Pasar brumbung ini yang menyajikan jajanan dan makanan khas tempo dulu ini tampil beda,karena bisa melambungkan anda pada kenangan masa lampau. Tak hanya jajanan, begitu pula dengan penampilan para wanita penjualnya, semua mengenakan pakaian kebaya adat Jawa Tengah dan topi ala petani yang tidak ditemukan ditempat atau pasar lainnya.

Salah satu makanan yang dijual dipasar mbrumbung antara lain thiwul, kupang, ketiplak, seredek, enthok – enthok, ketan, nasi jagung, gethuk dan masih banyak lagi lainnya.Mungkin makanan ini asing untuk para generasi muda yang mungkin belum merasakan makanan ini.Karena berkembangnya zaman maka semakin lama makan ini terpinggirkan.

Menurut rencana kedepan pasar mbrumbung akan dibuka sebulan sekali, tepatnya pada Minggu ke II.Semua warga setempat berharap keberadaan pasar dapat berjalan konsisten, sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat disekitar desa terssebut karena dengan berjualan akan mendatangkan omzet dan tentunya akan menghadirkan bisnis baru dan lapangan pekerjaan.

Pasar mbrumbung memberikan kesan pengalaman tersendiri.Karena dipastikan anda sudah lama tidak makan jajanan gendar atau jajanan tempo dulu,tapi dengan mudah bisa mendapatkannya di pasar mbrumbung.Remaja khususnya wajib dating kesini dan mengajak masyarakat mau datang ke pasar mbrumbung, sebagai bentuk melestarikan kuliner tradisional.

Promosi akan adanya pasar tempo dulu dan satu-satunya dikota rembang akan menjadi daya tarik wisatawan dari luar kota.Bukan hanya jajanan dan makanan namun lokasi sangat kental dengan nuansa pada zaman dimana masih belum ada listrik atau barang electronic.

Keberadaan pasar mbrumbung nantinya semakin dikenal oleh masyarakat luar daerah.Pasar ini baru diresmikan oleh bupati rembang bulan desember 2018 kemarin.Ayo datang dan ajak teman-teman untuk menikmati jajanan yang mungkin belum pernah ada makan dan bahkan belum pernah melihatnya.Dipastikan jajanan tempo doeloe sangat lebih sehat dan bebas dari lemak jahat.