Tuesday, July 4, 2017

BERWISATA SEJARAH KE MAKAM RA.KARTINI KOTA REMBANG JAWA TENGAH

Tags

WISATA SEJARAH MAKAM RA.KARTINI REMBANG JAWA TENGAH


REMBANG - Kabupaten rembang merupakan salah satu kabupaten yang masuk di wilayah propinsi jawa tengah indonesia.Kabupaten rembang merupakan ujung utara timur dari provinsi jawa tengah dan dibagian timurnya berbatasan dengan provinsi jawa timur.Untuk sbelah barat berbatasan dengan kabupaten pati dan sebelah utara berbatsan langsung dengan laut jawa kemudian sebelah selatan dengan kabupaten blora.

Ada beberapa tempat wisata rembang yang dapat dikunjungi.Untuk kali ini kita akan berwisata sejarah mengenal pahlawan emansipasi wanita yaitu Raden Adjeng Kartini.Siapa yang tidak kenal dengan beliau yang dapat mengangkat derajar martabat wanita dapat sejajar dengan kaum pria lainnya.

Raden Adjeng kartini adalah pahlawan wanita di indonesia pada masa penjajahan belanda.Pahlawan emansipasi wanita yang lahir di jepara pada tanggal 21 april 1879.Hari lahirnya beliau ini kemudian dijadikan hari pahlawan nasional yang setiap tanggal 21 april selalu di arayakan dengan hari kartini.

Hal ini dimaksudkan agar jasa-jasa beliau di masa lalu dalam memperjuangkan emansipasi wanita dimana saat itu kedudukan wanita masih dianggap rendah dibandingkan dengan kaum pria,sehingga jasanya dapat terus dikenang sampai sekarang dan seterusnya.

Banyak yang tidak tahu kenapa makam RA.Kartini berada di rembang padahal beliau lahir dijepara.Sebenarnya RA.Kartini semasa hidupnya menikah dengan bupati rembang waktu itu yaitu K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat.Dan setelah menikah maka tinggallah beliau dirrembang sampai wafatnya.Ra.Kartini wafat pada 17 september 1904 dan makamnya terletak di desa bulu,kecamatan bulu terletak 17,5 Km ke arah selatan kota rembang arah menuju ke kabupaten blora.

Makam RA.Kartini menjadi salah satu wisata bersejarah yang ada di kabupaten rembang,propinsi jawa tengah,indonesia.Pada saat liburan tidak ada salahnya mengunjungi kota rembang untuk berwisata bersejarah agar anak cucu kita tidak lupa akan jasa-jasa beliau di masa itu.