Friday, July 21, 2017

WONDERFUL INDONESIA - OBYEK WISATA PULAU SAPONDA DESA DITENGAH LAUT

Tags

SAPONDA ,DESA DITENGAH LAUT


PULAU SAPONDA - Siapa yang tidak mengenal pulau satu ini yang ada di indonesia.Memang indonesia dengan terdiri dari berbagai pulau dari sabang sampai merauke sehingga disebut sebagai negara maritim.

Banyak pulau di indonesia yang tidak terjamah namun memiliki keindahan yang luar biasa karena ke alamiannya.Salah satu pulau terpencil yang memiliki daya pesona wisata yang elok yaitu pulau saponda.Pulau ditengah laut yang tidak begitu luas sangat cocok untuk wisata keluarga dengan panorama pasir putih dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Pulau saponda terletak di teluk luar kendari sulawesi.Dengan luas pulau kurang lebih sekitar 7 hektar.Pulau yang tidak begitu luas namun memiliki daya tarik tersendiri bagi dunia traveling.Pulau ini dihuni oleh mayoritas suku bajo yang bermata pencaharian sebagai nelayan.Mata pencaharian ini merupakan yang utama untuk menghidupi keluarga sehari-hari.Karena memang dari hasil tangkapan ikan didapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan.

Karena pulau ini ditengah laut maka mata pencaharian utamanya adalah nelayan.Dan pendapatan utama penduduk desa sapaonda memang dari laut.

Pulau ini terbagi menjadi dua desa yakni desa saponda darat dan desa saponda laut.Untuk dapat masuk ke desa ini bisa menggunakan kapal nelayan dengan memakan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam.Kapal nelayan sering datang ke kota kendari setiap waktu setelah para penduduk desa saponda memperoleh hasil tangkapan ikan dari melaut.Kita bisa ikut dengan menumpang kapal nelayan tersebut.Karena memang alat transportasi ke pulau saponda satu-satunya adalah kapal.

Nelayan juga sering datang ke kota kendari tidak hanya berjulan ikan hasil melaut akan tetapi juga datang untuk berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-hari di desa saponda.Karena memang pulaunya kecil dan berpenduduk sedikit maka perekonomian belum pesat seperti di kota kendari.

Meskipun desanya kecil akan tetapi suasan pedesaan yang masih murni dan keindahan alam juga pantai di pulau saponda memang dapat menjadi salah satu tujuan destinasi wisata baru untuk anda.